A..Pengertian Geografi
    Kata geografi berasal dari bahasa yunani, yaitu geo dan graphein.Geo artinya bumi dan graphein artinya tulisan. Secara umum geografi  tulisan tentang bumi . Istilah  geografi pertama kali di kenalkan oleh Eratosthenes dengan nama geographica .

    Perhatikan tentang bumi dalam geografi buka hanya berhubungan  dengan fisik alamiah bumi dan bagian-bagian alam semesta yang berpengaruh terhadap bumi saja, tetapi meliputi fenomena yang ada di permukaan bumi, baik lingkungan fisik maupun sosial.
    Perhatikanlah lingkungan atau wilayah sekitarmu! DI dalam terdapat lingkungan fisik,antara lain tanah,air,dan udara serta mahluk hidup, yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan .Antara manusia dan lingkungan terdapat hubungan timbal balik. Misalnya,di satu sisi manusia membutuhkan lahan yang subur untuk bercocok tanam ,sedangkan di lain sisi terjadi kerusakan tersebut antara lain penggundulan hutan dan eksploitasi bahan tambang.
    Hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya itu disebut interaksi yang merupakan inti kajian geografi.
    Meskipun interaksi ant antara manusia dan lingkungnya merupakan inti kajian geografi, tetapi terdapat berbagai pendapat mengenai hakikat,konsep,dan batasan geografi, antara lain sebagai berikut.
a.  Bintarto ( 1981) : Geografi mempelajari hubungan kausal gejala -gejala di permukaan bumi  baik yang bersifat fisik maupun menyangkut makhluk hidup beserta permasalahnya pendekatan keruangan, kelingkungan,dan regional untuk kepentingan program,proses,dan keberhasilan pembagunan.
b.   Frank Debenham ( 1950) : Ia berpendapat bahwa tugas ahli geografi adalah sebagai berikut:
      1) Mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta.
      2) menemukan hubungan  antara kehidupan manusia dan lingkungan fisik.
      3) Menjelaskan interaksi antara kekuasan manusia dan alam .
C. James fairgrive ( 1966 ) : Geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berfikir kritis dan bertanggu jawab terhadap kemajuan- kemajuan di dunia. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan " di mana " dari berbagai aspek dan gejala geografi.
d. Preston.E.james ( 1959) : Geografi dapat dianggap sebagai induk ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengatahuan yang selalu di mulai dari keadaan permukaan bumi kemudian berahli pada studinya masing-masing.
E.  Steabo ( 1970) : Geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi,karakteristik tertentu,dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Konsep itu disebut Natural Attribute of place.
F.Seminar  dan lokakarnya ikatan Geografi indonesia ( IGI) di semarang, tahun 1988 : Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
         Meskipun terdapat perbedaan pandangan mengenai pengertian geografi,tetapi para ahli sepakat adanya elemen-elemen yang sama dalam geografi, yaitu sebagai berikut.
a. Geografi termasuk ilmu pengetahuan bumi ( earth science) dengan objek permukaan bumi sebagai lingkungan hidup manusia dan lingkungan tempat manusia dapat mengubah dan membagunya.
b. Geografi memperhatiakn persebaran manusia dalam ruang dan hubungan manusia dengan lingkungannya. Ahli  geografi mencari cara untuk memanfaatkan ruang dan sumber daya dengan menekaknkan pada pengelolaan wilayah yang tepat.
C. Di dalam geografi terdapat unsur-unsur utama,yaitu jarak, persebaraan, interaksi,dan gerakan ( moblitas).


0 komentar:

Posting Komentar