Persebaran vegatasi

A. Persebaran Vegatasi

     Vegatasi di permukaan bumi tidaklah sama di setiap tempat. Faktor-faktor yang mempengerahui persebaran berbagai jenis vegetasi antara lain iklim,kondisi tanah, serta ketinggian tempat dan bentuk lahan.

1. Iklim meliputi suhu udara, kelembapan udara,dan angin

2. Kesuburan tanah merupakan faktor yang berfungsi bagi tumbuhnya berbagai jenis tanaman.

3. Ketinggian tempat dan bentuk lahan merupakan faktor yang mempengaruhi kecocokan vegetasi terhadap suhu udara.

     Secara umum jenis-jenis vegetasi dan persebarnya antara lain terdiri atas hutan hujan tropis,hutan gugur, savana, dan pandang lumut.


1. Hutan Gugur

    Hutan gugur terdapat di daerah beriklim sedang,antara lain Amerika serikat bagian timur,kepulauan inggris, Australia,dan di ujung selatan Benua Amerika. Di daerah tersebut cueah hujannya meraka yaitu antara 750-1.000 mm/tahun. Di hutangugur pohon-pohin tidak terlalu rapat dan jumlah tumbuhnya relatif sedikit.

2. Hutan hujan Tropis

     Hutan hujan Tropis merupakan vegtasi yang sangat subur di permukaan bumi. Hutan hujan tropis banyak di jumpai di daerah beriklim tropis,antara lain Amerika serikat, Semenanjung Amerika tengah, Afirka,Madsgaskae,Australia bagian utara, indonesia, dan malaysia.  Di daerah hutan hujan tropis terdapat berbagai macam jenis tumbuhan karena sepanjang tahun hutan itu mendapatkan curah hujan di atas 2.000 mm/tahun, serta keadaan alamnya memungkinkan tumbuhnya berbagai jenis tanaman. Adapun pohon-pohon utamanya memiliki ketinggian antara 20-40 m dengan cabang-cabangnya yang berdaun lebat.

3. Savana

.   Daerah savana atau pandang rumput yang ditumbuhi pohon-pohon yang berserakan atau bergelombang terbentang dari daerah tropika sampai ke daerah subtropika yang curah hujannya tidak cukup untuk perkembangan hutan. Di daerah tersebut pada umumnya mempunyai curah hujan yang tidak teratur,yaitu antara 250 mm- 500 mm/tahun. Daerah pandang rumput itu dapat di jumapi di Afrika,Amerika selatan,Amerika serikat bagian barat,siberia,Argentina dan Australia.


4. Pandang lumut,pandang rumput, dan semak

    Pandang lumut merupakan jenis vegetasi yang banyak di jumpai di daerah beriklim kutub,misalnya di sekitar Arktik dan pulau-pulqu kecil dekat Antartika. Daerah itu mempunyai musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang. Fenomena itu disebabkan peredaraan Matahari hanya mencapai 23,5°LU/LS . Oleh karena itu  ,musim tumbuh tanaman sangat pendek,yaitu 30 sampai 120 hari/tahun. Dengan demikan hanya tumbuhan-tumbuhan tertentu yang mampu bertahan hidup dalam kondisi suhu yang dingin. Beberapa jenis tumbuhan khas yang hidup di daerah itu antara lain lumut,rumut,dan semak.

Semoga informasi ini menambah wawasan anda.


.
Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar