proses terjadinya bintang dan galaksi

Isi Alam Semesta

    Bumi hanyalah sebuah benda kecil di alam semesta yang disebut planet. Bumi bergerak mengelilingi matahari, sedangkan matahari hanyalah sebuah bintang dalam gugusan berjuta-juta bintang yang disebut galaksi,yaitu Galaksi Bimasakti ( Milky Way).

    Semestara itu Galaksi Bimasakti pun ternyata hanya sebuah galaksi dari jutaaan galaksi yang ada di alam semesta.


a.  Bintang

      Sejak dahulu keindahan langit pada malam hari telah membangkitkan keingintahuan manusia tentang jagat raya .Langit pada malam hari ditaburi oleh titik-titik cahaya yang berkelip yang disebut bintang.

       Bintang merupakan benda langit yang terdiri atas gas pijar dan dapat memancarkan cahaya sendiri. Bintang terbentuk dari gas hidrogen dan debu angkasa yang membentuk kabut. Saat gas dan debu menyatu, gaya gravitasinya meningkat sehingga menarik gas dan debu lebih banyak lagi dari kabut. Gas dan debu lebih banyak lagi dari kabut. Gas dan debu tersebut makin padat dan membentuk bola gas. Saat gravitasi bola mengikat, tekanannya pun meningkat sehingga menghasilkan suhu yang tinggi serta memancarkan panas dan cahaya.

       Jika kita amati lebih saksama, di antara bintang-bintang tersebut terdapat beberapa bintang yang lebih terang dari pada bintang -bintang yang lain dan membentuk pola tertentu pola-pola bintang itu disebut rasi bintang .

       Ahli astronomi mengelompokan rasi bintang menjadi 88 kelompok setiap rasi bintang di beri nama, antara lain Scorpius,Leo,dan Orion. Sampai sekarang rasi-rasi bintang itu masih berguna untuk mejelajah jagat raya.

       Bintang yang paling dekat dengan bumi adalah matahari, yaitu jaraknya sekitar 150 juta km. Oleh karena itu, kita dapat melihat dengan jelas bentuk matahari tanpa menggunakan alat apapun. Selain itu pancaran cahaya yang dikeluarkan matahari ternyata bermanfaat bagi kehidupan di bumi.

       Matahari meliliki fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup di bumi. Energi yang dipancarkan matahari antara lain,dapat mendapat suhu bumi tetap hangat, membuat air dan udara di bersirkulasi,serta tumbuhan dapat berfotosintetis.



 b.   Galaksi

         Galaksi adalah kumpulan benda-benda angkasa yang terdiri dari bintang,gaa, debu, dan material antarpalnet lainnya yang jumlahnya banyak dan benda pada ruang yang luas.
Matahari bersama dengan planet -planet yang mengitarinya bagian dari galaksi bimaksakti .

          Galaksi memiliki bentuk tertentu, tetapi secara garis besar bentuk galaksi di bedakan menjadi tiga macam, yaitu bentuk spiral,elips dan tak beraturan.

1) Galaksi spiral

      Bagian tengah dari galaksi ini memiliki lengan spiral dan cakram jika dilihat dari samping,bentuk galaksi tampak seperti elips yang memiliki lengan dan dikelilingi atmosfer yang memancarkan cahaya Galaksi Bimasakti termasuk ke dalam galalsi berbentuk spiral.
2) Galaksi Elips

      Galaksi ini mempunyai bentuk hampir menyerupai bola kaki Sampai pada bentuk yang sangat lonjong seperti bola rugby. Galaksi ini sedikit mengandung materi antarbintang da  anggotanya adalah bintang-bintang yang sudah tua.Contoh galaksi elips adalah Galaksi M87,yaitu sebuah galaksi besar.

3) Galaksi tak beraturan

     Galaksi ini terdiri diri dari beemiliar-miliar bintang berwarna putih kebiruan. Galaksi tak beraturan ini mengandung materi antarbintang berupa gas dan debu. Contoh galaksi tak beraturan adalah Awan Magellan,yang jaraknya 180.000 tahun cahaya dari galaksi Bimasakti.
.







     















Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar