Lapisan Atmosfer

 Lapisan Atmosfer

   Asmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi secara menyeluruh. Di antara unsur yang ter dapat dalam atmosfer adalah nitrogen,okisigen,karbon dioksida,dan argon. Keempat unsur tersebut menepati 99,97% ( hampir 100%) volume atmosfer.

    Asmosfer melindungi bumi dari radiasi matahari pada siang hari dan hilangnya panas yang berlebihan pada malam hari. Jika tidak ada Asmosfer suhu bumi akan meningkat hingga 93,3 °C pada siang hari dan turun hingga - 148,9°C pada malam hari.

    Asmosfer juga berguna sebagi penahan meteor yang akan jatuh ke bumi. Meteor yang bergerak menuju bumi terlebih dahulu harus melewati Asmosfer dengan kecepatan 60-70 km/ detik. Gesekan antara meteor dan Asmosfer menyebabkan terjadinya panas sehingga mengahcurkan meteor sebelum jatuh ke bumi.

    Tebal Asmosfer tidak dapat dipastikan karena tidak ada batas yang nyata antara udara dan ruangan luarnya. Berdasarkan perbedaan suhu arah vertikal, Asmosfer bumi dibagi menjadi lima lapisan,yaitu troposfer,stratofer,mesosfer,termosfer,dan eksofer.



1. Troposfer

    Troposfer adalah lapisan atmosfer paling bawah dengan ketinggi sampai 8 km di daerah kutub dan 18 km di daerah khatulistiwa. Di lapisan ini setiap naik 100 meter temperaturnya turun 0,5°C. Oleh karena itu, keadaan temperatur pada batas lapisan ini mencapai -57°C sampai -62°C batas ( mintakat) yang menandai berakhirnya penerunan suhu disebut tropopause.

     Pada lapisan troposfer terjadi segala fenomena yang berhubungan dengan cuaca dan iklim,contoh awan, hujan, dan angin.

2). Stratosfer

       Stratosfer terletak di atas troposfer sampai ketinggian 50 km. Stratosfer lebih tebal di daerah kutun dan kandang -kandang tidak terdapat di khatulistiwa. Di lapisan ini terdapat konsentrasi ozon ( O3 ) paling besar yaitu perlindungan permukaan bumi dan pancaraan sinar ultraviolet dari matahari yang berlebihan. Temperatur apada akhir lapisan ini naik mencapai 55°C batas yang memandai berakhirnya lapisan ini disebut stratopause.

3). Mesosfer

      Mesosfer terletak diatas strasofer pada ketinggian 50-70 km .Temperatur di lapisan ini mula-mula naik, tetapi kemudian turun dan mencapai -72°C ketinggian 75 km. Penerunan suhu di lapisan ini adalah setiap naik 100 m temperatur  turun 0,4°C. Di lapisan ini sebagian meteorit terbakar. Batas yang menandai berakhirnya lapisan ini disebut mesopause.

4).Termosfer

      Termosfer terletak di atas mesosfer dengan ketinggian sekitar 75 km sampai pada ketinggian sekitar 650 km. Temperatur di lapisan ini kembali naik hingga sekitar 1.010°C. Lapisan paling bawah di termosfer adalah ionosfer di ketinggian 75- 375 km. Di dalam ionosfer gas-gas mengalami ionisasi.Lapisan termosfer berguna dalam penyebaran gelombang radio.

5). Eksosfer

     Eksosfer terletak di lapisan termosfer dan merupakan paling atas Asmosfer sampai pada ketinggian yang tidak diketahui. Oleh karena itu,tidak ada batas yang jelas antara Eksosfer dan angkasa luar.

     Penyelidikan tentang Asmosfer bumi sangat berguna untuk berbagai kepentingan antara lain,sebagai berikut.

a. Mengadakan prakirawan cuaca untuk kepentingan pertanian,penerbagan, pelayaran,dan perternakan.

b. Mengetahui wilayah pematulaan gelombang radio
c. Menetukan keadaan yang cocok untuk peluncuran pesawat ruang angkasa.







 










Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar: